Kamis, 21 November 2019

Manajemen BK : Prinsip dan Konsep Dasar Manajemen dalam Bimbingan dan Konseling





Prinsip Bimbingan dan Konseling

Dalam kamus besar bahasa indonesia (KBBI), (a)prinsip diartikan sebagai dasar yaitu kebeanarn yang menjadi pokok berpikir, bertindak dan sebagainya. (b) menganut atau mempunyai prinsip. Karenanya itu jika melihat sekilas, prinsip sama dengan asas. Pada kenyataannya asas dan prinsip itu berbeda meskipun hampir sama. Jika asas merupakan dasar dan tumpuan dalam berpikir dan berpendapat. Sedangkan prinsip adalah hal-hal yang dapat dijadikan pedoman dalam melakukan sesuatu.
Adapun prinsip-prinsip Bimbingan dan Konseling antara lain:
1.      Layanan BK harus dilakukan seseuai kebutuhan (need assesment)
2.      Layanan BK harus menyelesaikan masalah konseli
3.      Jika kasus tidak bisa diselesaikan, maka harus referal/alih tangan kasus
4.      konseli harus aktif, dinamis dan banyak ide (konseling berpusat pada konseli)
5.      konselor harus memiliki kompotensi
·         Wawasan/pengetahuan
·         Kepribadian
·         Skill/kemampuan/praktek
6.      Layanan BK harus memiliki program dan evaluasi, programnya antara lain yaitu:
·         Program disusun sesuai kebutuhan (need assesment)
·         Program BK harus fleksibel dan dinamis
·         Program harus memperhatikan keunikan individu yaitu individu yang memiliki karakter kepribadian yang kompleks.

Konsep dasar Manajemen dalam Bimbingan dan Konseling

Manajemen artinya mengatur, mengarahkan, mengelola, merencanakan, merancang dan sebagainya.
Manajemen bimbingan dan konseling adalah kegiatan manajemen yang dilakukan oleh konselor untuk memfasilitasi fungsi bimbingan dan konseling dari perencanaan pengorganisasian, pelakasanaan dan evaluasi untuk mencapai tujuan bimbingan dan konseling yang efektif dan efisien dengan memamfaatkan berbagai sumber daya yang ada.
Hal-hal yang diatur dalam manajemen diantaranya:
1.      Perencanaan
2.      Cara-cara dan tujuan
3.      Tugas-tugas dalam manajemen
4.      Sistematika dalam manajemen

Tujuan manajemen adalah membantu agar apa yang direncanakan akan terlaksanakan dengan baik. Sehingga dapat membantu mempermudah konseli, dan dapat mempermudah tujuan.

Fungsi manajemen diantaranya:
1.      Planning (merencanakan)
2.      Organizing (kerjasama/organisasi)
3.      Actuating (pengarahan)
4.      Controling (evaluasi)a



Tidak ada komentar:

Posting Komentar